RSS

Pendidikan Multikultural

    Pendidikan multikultural adalah merupakan suatu gerakan pembaharuan dan proses untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang setara untuk seluruh siswa. Pendidikan ini mencakup seluruh siswa tanpa membedakan kelompok-kelompoknya, seperti gender, etnis, ras, budaya, strata sosial, dan agama. Pendidikan ini Mengandung dua dimensi yaitu,  pembelajaran (kelas)  dan kelembagaan (sekolah) yang antara keduaanya tidak bisa dipisahkan, tetapi justru harus ditangani lewat reformasi yang komprehensif. Pendidikan ini bertujuan menyediakan bagi setiap siswa jaminan memperoleh kesempatan guna mencapai prestasi maksimal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

Pendidikan multicultural memiliki ciri ciri sebagai berikut:
1. Pengetahuan bukan sesuatu yang netral atau politis.
2. Keanekaragaman perspektif mengenai fenomena hidup.
3. Menjunjung tinggi keanekaragaman, berpikir kritis, reflektif, dan kecakapan sosial.
4. Proses pemberdayaan siswa maupun guru mengenai hak dan tanggung jawabnya.
5. Refleksi kebenaran atas berbagai perspektif, yang saling bertentangan sekalipun demi memahami       realitas secara utuh.
6. Berdasarkan sudut pandang dan pengalaman siswa
7. Memungkinkan siswa mengidealkan nilai-nilai sekaligus menerima realitas nilai tersebut secara         kritis.

     Pendidikan multikulturalisme sangat bermanfaat untuk membangun kohesifitas, soliditas dan intimitas di antara keragaman etnik, ras, agama, budaya dan kebutuhan di antarakita. Dalam pengembangan pendidikan multikultural bagi lembaga pendidikan nasional untuk mau menanamkan sikap kepada peserta didik untuk menghargai orang, budaya, agama, dan keyakinan lain. Dengan implementasi pendidikan yang berwawasan multikultural, akan membantu siswa mengerti, menerima dan menghargai orang lain yang berbeda suku, budaya dan nilai kepribadian. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar