RSS

Bimbingan Konseling

Bimbingan adalah  bantuan yang diberikan kepada peserta didik agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan cara memahami diri, lingkungan, serta mengatasi hambatan demi menentukan rencana masa depan yang lebih baik. Konseling adalah suatu hubungan profesional antara konselor dengan klien.

A. Tujuan

  1. Membimbing siswa memecahkan masalah yang mengganggu proses pembelajaran
  2. Membantu mengarahkan potensi akademik maupun non-akademik siswa
  3. Memberi pemahaman mengenai karir siswa di masa yang akan datang

B. Fungsi

  1. Fungsi pemahaman, fungsi yang membantu siswa memiliki pemahaman terhadap dirinya (potensi) serta lingkungannya (pendidikan, pekerjaan, dan norma).
  2. Fungsi preventif, fungsi upaya konselor untuk mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan cara mengatasinya.
  3. Fungsi pengembangan, fungsi yang menciptakan suasana belajar yang kondusif serta memfasilitasi perkembangan siswa.
  4. Fungsi penyembuhan, fungsi untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mempunyai masalah, baik pribadi, sosial, belajar, maupun karir. 
  5. Fungsi penyaluran, fungsi membantu siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler, jurusan atau program studi, serta memantapkan karir yang sesuai minta, bakat, keahlian, dan ciri ciri kepribadian lainnya.
  6. Fungsi adaptasi, fungsi menyesuaikan program pendidikan dengan latar belakang pendidikan, minat, kemampuan, dan kebutuhan siswa.
  7. Fungsi penyesuaian, fungsi membantu siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif.
  8. Fungsi perbaikan, fungsi memperbaiki kekeliruan siswa dalam berfikir, berperasaan, dan bertindak.
  9. Fungsi fasilitasi, fungsi memudahkan siswa mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras, dan seimbang dengan seluruh aspek dalam diri siswa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar