RSS

Psikologi Sekolah

Psikologi sekolah adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari perilaku dan proses di lingkungan sekolah serta berfokus pada siswa, guru, dan orangtua siswa.

Terdapat beberapa perbedaan antara psikologi sekolah dengan psikologi pendidikan dan bimbingan konseling:

A. Psikologi sekolah

  1. Psikologi sekolah berusaha menciptakan lingkungan yang positif bagi siswa dalam dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosial, maupun emosi. 
  2. Psikolog sekolah terlibat dalam berbagai tes dan assesment yang ada dalam pelaksanaan pendidikan , teknologi pendidikan, dan masalah masalah pendidikan.
  3. Psikolog sekolah bekerja sama dengan guru mengembangkan intervensi yang efektif bagi siswa dalam maslaah akademik, sosial, serta emosi.
  4. Psikolog sekolah berperan di sekolah dan dengan program yang berbeda-beda, tergantung perkembangan yang dibutuhkan sekolah.

B. Psikologi Pendidikan

  1. Cabang ilmu yang mempelajari bagaimana proses pembelajaran dalam pendidikan, keefektifan sistem pengajaran, cara mengajar, serta pengelolaan organisasi sekolah.
  2. Psikologi pendidikan terkait dengan bagaimana proses pembelajaran dan perkembangan siswa, yang mana terfokus pada sub kelompok seperti anak anak berbakat ataupun anak anak berkebutuhan khusus.

C. Bimbingan Konseling

  1. BK bertugas terkait dengan perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan serta minat dan bakat masing-masing peserta didik.
  2. Tidak bisa melakukan assesment dan tes psikologi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar